Kota Seribu Sungai

Related image
1. Pasar Terapung

Jadi kali ini aku mau cerita sedikit tentang daerah asalku, yaitu kota Banjarmasin. Pada waktu dulu ada banyak sebutan Banjarmasin seperti Benjar-Maffen, Bandjermasinsche, Banjarmassin dan masih banyak lagi. Nah, Banjarmasin ini terkenal dengan sebutan kota seribu sungai. Seperti julukannya kota ini banyak sekali menampilkan objek-objek wisata yang ada hubungannya dengan air tau sungai. Pada tahun 1997 Banjarmasin memiliki kurang lebih 117 sungai hingga saat ini sungai-sungai di Banjarmasin semakin berkurang dan hanya tersisa sekitar 60 sungai. Tapi meskipun sungai nya berkurang, kalian masih bisa menikmati. Karena ada wisata yang unik yang wajib kalian kunjungi kalo kalian lagi berada di kota ini. Nama tempat wisata ini adalah Pasar Terapung. Pasar Terapung ini serupa dengan pasar tradisional, yang menjadikan ini unik adalah seluruh pedagangnya berjualan di atas perahu yang mengapung di sungai, jadi kalo kalian mau beli dagangannya kalian harus naik perahu atau kelotok juga. Asik kan? Asik dongg. Di kelotok atau perahu itu banyak macam yang dijual, seperti sayuran, buah-buahan, kue khas Banjarmasin dan lain lain. Kalian juga bisa menikmati hidangan makanan khas Banjarmasin di atas kelotok loh. Ada dua pasar terapung yang seringkali ramai dikunjungi, baik oleh warga lokal maupun wisatawan yang penasaran akan rupa pasar ini, yaitu di Lok Baintan dan di muara Sungai Kuin.





2. Pulau Kembang

Image result for pulau kembang

Selain itu, jika kalian masih belum puas menikmati Pasar Terapung, dengan meggunakan kelotok yang sama kalian bisa melanjutkan wisata ke Pulau Kembang. Pulau kembang ini adalah sebuah pulau yang berisi hewan bekantan yang hidup di Kalimantan yang sekarang populasi nya sudah mulai berkurang. Jadi, kalian disini bisa mengelilingi pulau tersebut sambil berfoto-foto dan bermain dengan bekantan nya. Asik yaa!






3. Makanan Khas Banjarmasin

Image result for soto banjar

Kalo kalian masih laper habis jalan-jalan dari Pasar Terapung dan Pulau Kembang, kalian bisa mampir ke rumah makan yang menjual makanan khas Banjarmasin yaitu Soto Banjar. Soto Banjar paling enak sih menurutku Soto Bang Amat. Dan itu banyak dikunjungi warga local maupun wisatawan. Kalian masih mau kulineran? Tidak jauh dari pasar terapung ada warung makan yang menjual makanan khas Banjarmasin yaitu lontong orari, nasi kuning. Dan disekitar situ terdapat banyak orang menjual makanan khas Banjarmasin lainnya.

Sekian penjelasan tentang kota asal aku, semoga bermanfaat. Terima kasih 

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Teknologi Internal

Fasilitas UMM